Skip to content

Kabar dari Mumbai #11: Ulang Tahun Kecil

by on June 25, 2011

Empat tahun lalu, saya berkenalan dengan seorang adik kelas di SMA. Sebut saja dia Andra. Dia pandai membaca Tarot. Sedihnya, dia divonis mati muda karena suatu penyakit.

Bagi Andra, kehidupan keluarganya adalah berkah dan kutukan, sekaligus. Kartu Tarot andalannya sudah usang dan kumal dimakan usia. “Kartu ini diwariskan dari leluhurku.”

Kartu Tarot itu adalah saksi bisu perjalanan panjang keluarga Andra. Ya, dia adalah seorang yang dilahirkan dari keluarga Gypsy. Leluhurnya pernah hidup di Chezka, Jerman, dan kini orangtuanya ada di Indonesia.

Selama entah berapa abad, keluarga Andra mewariskan pola hidup yang sama: perjalanan. Tiap generasi harus terus bergerak dan berpindah. Dari satu kota ke kota lain, satu negara ke negara lain, leluhur Andra mengembara.

Hari ini, saya masih mengembara dengan keluarga kecil saya. Berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Dan saya sangat bersyukur masih bisa hidup bersama keluarga kecil saya di hari ulang tahun ini.

Teruntuk seluruh kawan dan saudara di manapun dirimu berada, terimakasih untuk seluruh doanya!

Tabik!

Leave a Comment

Leave a Reply

